Serunya Makan French Toast Sampai Ke Hati

Sapa yang bisa nolak sih melihat setangkep roti panggang yang lengkap dengan isiannya? Dengan rasa yang manis ataupun gurih, bisa dipastikan bakal memanjakan lidah penikmatnya, apalagi bagi anak-anak.

Nah, salah satu dari jenis roti panggan yang sering dikenal selama ini kerap dipanggil dengan nama Frech Toast.

Tapi tahu kah anda? Dari namanya yang mengandung kata French, bukan berarti jenis makanan ini berasal dari Perancis sono, bahkan bukan pula dari Inggris maupun Amerika. Nah loh, penasaran?

Ternyata roti yang sangat menggemaskan ini awal mulanya disebut sebagai “German Toast”, yang berarti dari negara Jerman.

Namun semuanya berubah sejak negara api menyerang, eh.., sejak adanya perang dunia pertama yang menyebabkan adanya gerakan anti Jerman. Padahal waktu itu di Eropa dan Amerika, makanan satu ini sangat populer dimakan sebagai sarapan.

Maka demikian, berubahlah namanya menjadi French Toast, begitulah kura-kura..

Hingga kini banyak di hampir seluruh negara memiliki variasi olahan French Toast yang beragam, tentunya dengan penyajian yang bermacam-macam pula.

Sebagai contoh di Hongkong, roti ini berupa roti goreng kering dan disajikan ketika masih hangat dengan paduan madu, mentega ataupun sirup maple.

Sedangkan untuk di negara-negara bagian Eropa atau Amerika sendiri memakai jenis roti yang bertekstur keras untuk pembuatan French Toast ini.

Apakah anda sudah tahu? Roti yang bertekstur keras tersebut diibuat menjadi lunak dengan cara dicelup ke dalam adonan campuran susu, telur, vanila, bubuk kayu manis dan gula secukupnya di rentang waktu 1 jam hingga semalam.

Pokoknya inti dari French Toast adalah nyelupin roti ke dalam adonan tersebut lalu kemudian diolah kembali dengan cara dipanggang ataupun digoreng. Nah, lapisan kering yang diluar itulah yang menjadikan roti ini berasa gurih nan lezat.

Bagi anda yang memiliki anak kecil bahkan balita yang sedang lucu-lucunya makan makanan padat bisa menyajikan roti ini berikut isiannya seperti keju, madu, selai atau mentega.

Bisa juga ditambahin daging asap, bacon maupun sosis supaya lebih gurih laksana makan sandwich. Tentu saja tidak lupa untuk menambahkan sayur ataupun buah untuk sumber serat yang baik bagi pencernaan anak anda.

Bisa lihat salah satu video membuat French Toast ala Farah Quin yang selalu tampil cantik menarik disini:

Biar French Toast Makin Menarik

Untuk menambah daya pikat roti ini agar bisa segera disantap berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Pertama, pakailah roti tawar yang cukup tebal atau roti lainnya bisa dipakai dengan maksimal ketebalan 2 cm. Hal tersebut bertujuan agar roti bisa cepat matang sampai ke dalam-dalamnya.

Sebaiknya juga tidak memberikan susu terlampaubanyak karena dikhawatirkan akan terlalu basah. Pastikan juga adonan yang dibuat dikocok sampai tercampur merata.

Selanjutnya supaya bagian dalam French Toast berasa creamy nan lembut, trik yang bisa dilakukan adalah merendam pada setiap sisinya kurang lebih 1 menit saja sudah cukup.

Tips lainnya adalah senantiasa melap wajan setiap ingin menggoreng Frech Toast selanjutnya, tidak lupa oleskan mentega. Hal tersebut supaya tidak ada serpihan roti yang tertinggal dari penggorengan sebelumnya.

Agar dapat hasil maksimal gunakan api yang sedang saja dengan kondisi minyak yang sudah panas di wajan, sehingga nanti rotinya bisa lembut didalam namun renyah diluar. Yummy ya!

Teman Pelengkap Roti French Toast

Ternyata jika dimakan sendirian alias polosan, roti ini berasa kurang asyik lah, makannya terdapat banyak “teman” yang bisa dipilih sebagai pendamping roti ini agar bisa lebih nikmat rasanya.

Nah, berikut ini beberapa teman pendamping yang bisa digunakan untuk paduan bersama French Toast yang gurih nan lezat itu.

Sirup maple, bisa digunakan sebagai tambahan untuk sensasi rasa manis yang begitu legit lagi. Ini cocok bagi anda penggemar rasa manis.

Madu, kandungan fruktosa alami pada madu ini merupakan unsur utama yang bakal memberikan rasa manis yang hampir setara dengan gula pasir.

Selai coklat, tahukah anda bahwa di dalam biji coklat mengandung polifemol yang bermanfaat untuk menambah mood anak selama beraktifitas. Apalagi coklat merupakan salah satu kegemaran anak-anak, mungkin termasuk anda sendiri.

Coklat chip, cokla-coklat yang berbentuk butiran kecil ini dapat diletakkan diantara Frech Toast kegemaran anda dan rasakan sendiri nikmatnya!

Bacon, sebagai salah satu isian wajib yang perlu anda coba agar menambah lezatnya makan roti ini. Gunakan bacon bersamaan dengan sayuran timun, tomat atapun daun selada untuk kebutuhan serat anda.

Selai buah, sebagai salah satu pelengkap yang bisa dimanfaatkan rasa manis alami dari buah sebagai bahan penyusun utamanya. Jadi tidak perlu pakai gula lagi.

Beri like dan ikuti saya:
error