Cara Paling Mudah Memasak Bacon yang Lezat

Bacon adalah salah satu hal paling lezat dari sebuah daging, bisa diambil dari daging babi ataupun sapi dan biasanya diambil dari bagian punggung, perut maupun pinggang.

Adapun dalam cara memasak daging satu ini ada banyak cara nah salah satu yang paling simpel adalah dengan menggorengnya sebagai salah satu metode paling jamak yang dilakukan banyak orang.

Salah satu hal lain yang perlu diketahui tentang bacon adalah kelezatannya jika disantap dengan pancake, telur maupun beragam menu sarapan yang lain. Bahkan bisa juga anda mencabik-cabing bacon dan menaburkan di atas salad sebagai topping andalan. Praktis kan?

Melalui tulisan ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuian mengenai cara menggoreng bacon dengan benar. Tentu saja selain itu juga akan disisipkan beragam ide variasi dalam memberikan bumbu ke bacon supaya rasanya lebih sedap.

Jadi, kalaupun anda sekarang tidak memiliki wajan besi, teflon maupun kompor untuk menggoreng bacon jangan jadikan alasan untuk tidak mau menikmati salah satu makanan nikmat ini.

Karena sejatinya anda tetap dapat menikmati rasa bacon yang begitu lezat dengan menggunakan beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Diamkan Bacon di Suhu Ruang

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggoreng bacon adalah mengeluarkannya dari kulas, kemudian diamkan hingga lemaknya mulai melunak.

Jangan pernah untuk menggoreng bacon yang masih beku ya!

Selama menunggu agak melunak, anda dapat memberikan bumpu dari rempah sederhana atau jika mau lebih cepat direndam ke dalam campuran bumbu yang sudah anda siapkan.

2. Susun di Atas Wajan atau Teflon

Sebelum minyak di wajan maupun teflon yang disiapkan menjadi panas, susun dahulu beberapa lembar bacon ke teflon atau wajan tersebut.

Strategi terbaik agar hasil kematangan optimal adalah dengan meletakkan pada posisi berdekatan tidak saling bertumpuk ya supaya matangnya nanti merata.

Baik wajan besi maupun teflon memiliki kemampuan yang sama dalam mematangkan bacon secara optimal. Tinggal pilih sesuai selera anda.

3. Mulailah Menggoreng Bacon

Selanjutnya nyalakan kompor anda dan gunakan api yang kecil saja supaya proses pematangan bacon berjalan sempurna.

Perhatikan, di waktu Bacon mulai panas akibat suhu yang meningkat dari kompor maka lemaknya mulai tergenang di dasar wajan. Nah, lemak inilah yang membuat proses kematangan berjalan alami.

Bila anda menyenangi tekstus bacon yang agak kering, tips berikut ini bisa dilakukan. Yakni, tuangkan air ke dalam wajan.

Dengan memasak bacon yang telah terendam air dengan menggunakan api besar, kemudian tunggu hingga mendidih, selanjutnya kecilkan api hinga didiamkan sampai air habis akan membuat bacon menjadi berubah warna coklat keemasan yang garing tapi tetap enak. Coba saja!

4. Ketika Bacon Mulai Melengkung..

Ada saat nanti ketika digoreng keadaan daging ini mulai melengkung yang merupakan sebuah tanda bahwa di bagian bawahnya sudah mulai matang.

Hal yang perlu anda lakukan adalah membaliknya dengan menggunakan garpu, seperti ketika memakai spatula atau bisa juga menyelipkan lembaran bacon tersebut diantara jemari garpu dan segera dibalik.

Untuk cara menyelipkan tersebut nampaknya lebih mudah dilakukan oleh sebab lebih stabil dalam mengaplikasikannya.

5. Masaklah Hingga Matang

Langkah selanjutnya dalam proses menggoreng bacon yang baik adalah menunggunya hingga matang sesuai dengan tingkat kematangan yang anda inginkan.

Bisa jadi anda menyukai yang garing sehingga tentu saja dibutuhkan waktu lebih lama untuk ditiriskan. Untuk langkah ini lama tidaknya tergantung dari selera anda masing-masing.

6. Tiriskan

Untuk langkah teakhir ini apabila tingkat kematangan yang anda mau sudah didapatkan, segeralah untuk meniriskan di atas piring yang sebelumnya sudah dilapisi dulu dengan tisu dapur. Hal tersebut agar tisu bisa menyerap minyak berlebih dari bacon setelah diangkat dari wajan atau teflon.

Setelah menyimak dari awal hingga sekarang, tentu saja dapat diketahui dengan mudah bahwasanya mengolah bacon paling simpel adalah dengan cara menggorengnya hingga tingkat kematangan yang anda inginkan. Bisa disajikan juga bersama French Toast sebagai pelengkap yang nikmat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Beri like dan ikuti saya:
error